2 Cara Menginstal HP Samsung Kembali Seperti Baru Lagi

2 Cara Menginstal HP Samsung Kembali Seperti Baru Lagi

AndroidCoeg.com – Salah satu merk terkenal di dunia gawai smartphone adalah Samsung. Konsep hp yang semakin unik dan futuristik membuat Samsung menjadi pusat perhatian dan pilihan hampir seluruh dunia. Namun, tak ada gading yang tak retak. Terkadang Samsung mengalami error-error dan gangguan, misalnya tidak bisa menelepon, notifikasi berulang, dan hal semacamnya. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan instal ulang Hp samsung. Terdapat banyak metode untuk melakukannya, tapi cara menginstal hp Samsung kembali seperti baru yang paling populer ada dua, yaitu factory reset, dan hard reset. Berikut ini penjelasannya.

Advertisement

Cara Menginstal Hp Samsung Agar Seperti Baru Lagi

Factory Reset

Factory reset akan mengembalikan keadaan hp Samsung Anda menjadi seperti baru kembali. Factory reset menghapus seluruh aplikasi yang terinstal terutama pada internal storage Samsung Anda. Keuntungan dari factory reset ialah memberikan Anda ruang kosong pada storage, serta mengembalikan beberapa fungsi software bawaan pabrik yang error sebelumnya.

Cara Install Ulang Samsung Android dengan Factory Reset

Samsung Factory Reset

Advertisement

Di bawah ini adalah langkah melakukan factory reset pada Samsung:

  1. Masuk menu setting atau pengaturan pada hp Samsung Anda,
  2. Kemudian pilih backup and reset (pulihkan dan cadangkan),
  3. Setelah itu, Anda hanya perlu sentuh pada ‘factory data reset’,
  4. Akan muncul tulisan yang mengingatkan Anda bahwa dengan melakukan factory data reset, Anda mungkin akan kehilangan data seperti Google account, system app data, dan lain-lain. Untuk melanjutkan ke proses selanjutnya, tap tombol ‘reset device’.
  5. Langkah terakhir cara menginstal hp Samsung kembali seperti baru lagi dengan factory reset adalah tap ‘erase everything’ setelah muncul konfirmasi terakhir untuk melakukan factory reset.

Hard Reset

Hard reset ialah proses me-reboot hardware dari smartphone Anda. Berbeda dengan factory reset yang mereboot seluruh sistem baik software maupun hardware. Lazimnya, hard reset akan dilakukan dengan tujuan untuk mengembalikan konfigurasi dan pengaturan hardware kepada keadaan semula. Hard reset akan sangat berguna jika Anda ingin melakukan instal custom ROM, atau ketika terjadi error berupa smartphone macet berkepanjangan. Sebelum melakukan hard reset, sangat disarankan untuk memback-up data yang ada pada smartphone anda.

Cara Menginstal HP Samsung dengan Hard Reset via Recovery Mode

Recovery Mode Samsung

Berikut adalah cara menginstal hp Samsung kembali seperti baru dengan metode hard reset:

  1. Setelah back-up data, matikan smartphone Samsung Anda.
  2. Tekan tombol volume up dan tombol home pada Samsung dan tahan beberapa saat,
  3. Kemudian tekan tombol power, hingga Samsung bergetar dan memunculkan menu recovery.
  4. Pilih Wipe data/factory reset menggunakan volume up untuk menggerakkan pilihan ke atas, volume down untuk menggerakkan pilihan ke bawah, dan tombol power untuk memilih menu.
  5. Pilih Yes –delete all user data, kemudian tunggu hingga proses selesai dan Hp Anda mereboot sendiri dan memunculkan menu recovery lagi
  6. Pilih ‘reboot system now’ untuk memulai menggunakan Samsung Anda yang telah dihard reset.

Baca Juga:

Perlu dipertimbangkan bahwa susunan peletakan menu tidak selalu sama untuk setiap Samsung dengan versi yang berbeda. Perlu diingat juga bahwa hard reset maupun factory reset tidak dapat dibatalkan ketika proses sudah berjalan, mematikan daya ketika proses reset berlangsung dapat mengakibatkan kerusakan yang sangat tidak diinginkan, oleh karena itu, pastikan Hp memiliki daya yang cukup.