Cara Instal Ulang Android Dengan Mudah dan Praktis

Cara Instal Ulang Android Dengan Mudah dan Praktis

AndroidCoeg.com – Android  masih merupakan keluarga dari komputer. Seperti halnya komputer jika dipakai bertahun-tahun, maka performa dan kinerjanya akan menurun. Hal ini tak jauh berbeda dengan Android yang merupakan salah satu ‘komputer’. Tidak menutup kemungkinan performa Android semakin lambat tiap tahun. Hal inilah yang memicu sebagian orang untuk mencari informasi tentang cara instal ulang Android guna menginstal ulang Androidnya.

Advertisement

Menginstal ulang Android bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, ingin mendapatkan tampilan dan tema baru, meningkatkan kinerja Android, dan masih banyak lagi. Proses instal ulang Android biasanya membutuhkan beberapa tool tertertu yang harus didownload terlebih dahulu. Contohnya aplikasi recovery seperti TWRP, dan ClockworkMod.

Berikut adalah langkah instal ulang smartphone Android Anda dengan mudah seperti yang dirangkum dari situs LifeHacker dan forum android masyhur Xda-developers.

Tutorial Cara Instal Ulang Android Bagi Pemula

Sebelum memulai instal ulang atau flash ROM Android Anda, diperlukan beberapa aplikasi penting. Anda perlu memiliki Unlocker Bootloader, Custom Recovery (TWRP, ClockworkMod, atau xRecovery), Gapps, Stock ROM yang sesuai dengan HP Android Anda, dan HP Android pastinya.

Tutorial Cara Instal Ulang Android Bagi Pemula

Android Sedang Menginstal Ulang Sistem

Advertisement

1. Download Stock ROM

Sebelum memulai segalanya, Anda perlu memiliki Stock ROM atau Custom ROM yang ingin Anda instal. Pastikan model HP dan versi ROM sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam proses instal ulang. Jangan ekstrak ROM tersebut.

2. Dowload GApps

Setelah mendownload ROM, downloadlah GApps yang sesuai dengan versi ROM, misalkan versi ROM Anda 4.4.2, maka Anda harus mendownload GApps dengan versi yang sama.

3. Masuk ke Custom Recovery

Cara Masuk Recovery Mode Android

Cara Masuk Recovery Mode Android

Untuk masuk ke dalam custom recovery, Anda perlu menekan hotkey tertentu. Hotkey tersebut berbeda-beda pada tiap HP. Tunggu hingga muncul tampilan menu dari custom recovery.

4. Backup Data Terlebih Dahulu

Sebelum memulai menginstal ulang Android Anda, ada baiknya jika berjaga-jaga untuk suatu hal terburuk ketika melakukan instal ulang. Cara instal ulang Android yang sedikit berbeda membuat salah langkah sedikit saja bisa berakibat fatal contohnya hard brick. Untuk itulah ada baiknya sebelum menginstal ROM, Anda membackup semua data pada Android menggunakan custom recovery yang selalu menyediakan menu tersebut.

5. Instal ROM

Langkah yang paling esensial dalam cara instal ulang Android. Menginstal ROM. Kemudian pilihlah menu instal from sd-card. Selanjutnya, cari file Stock ROM yang baru saja Anda download tadi. Kemudian lakukan flash.

6. Bersihkan Cache

Setelah instalasi ROM selesai, langkah selanjutnya adalah kembali dan mengosongkan cache. Proses ini juga sering dikenal dengan istilah ‘wipe data / reset’

7. Reboot HP

Setelah proses penginstalan ROM dan pembersihan cache selesai, Anda bisa merestart HP Anda untuk melihat apakah Android Anda telah terinstal ulang.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Aplikasi Android yang Terhapus pada Smartphone Anda